Ilmu Gizi dalam Lingkup Kesehatan Masyarakat

Hari ini saya diminta untuk mengisi OSMB Jurusan Kesmas FKIK, tentang “Pengenalan 8 Bidang Ilmu Kesmas”. Sekalian saya posting disini untuk pengetahuan yang lainnya.

Ilmu Gizi merupakan bagian dari bidang ilmu kesehatan masyarakat, karena Ilmu Gizi mempelajari hal-hal penting untuk menunjang kesehatan masyarakat. Bidang Ilmu Gizi yang dipelajari pada Jurusan Kesehatan Masyarakat, meliputi :

1. Ilmu Gizi Dasar (KMG 231)

2 SKS, dipelajari pada Semester III.

Prasyarat : Sudah lulus mata kuliah Biologi Kesehatan,Kimia Kesehatan, Biokimia dan Anatomi Fisiologi

Deskripsi : Membahas tentang definisi ilmu gizi dan ilmu pangan serta fungsi zat gizi untuk kesehatan manusia, macam-macam zat gizi  (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air) serta derivatnya, sumber makanan untuk masing-masing zat gizi, kebutuhan dan kecukupan masing-masing zat gizi kelompok rentan gizi dan tingkat kesehatan gizi.

Kompetensi : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip dan ruang lingkup Ilmu Gizi.

Metode : Ceramah, Diskusi dan Tugas (membuat Food Model kebutuhan gizi)

2. Gizi Kesehatan Masyarakat ( KMG 241)

2 SKS, dipelajari pada semester IV

Prasyarat : Sudah lulus mata kuliah Ilmu Gizi Dasar

Membahas tentang permasalahan gizi utama yang ada di masyarakat seperti Kekurangan Energi Protein (KEP), Kurang Vitamin A, Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) dan Anemia Gizi Besi serta Upaya Penanggulangan yang dilakukan seperti Perbaikan Gizi Keluarga (UPGK), KIE UPGK, Keluarga Sadar Gizi (KADARZI), Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS), Air Susu Ibu (ASI) dan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI), Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG), keterkaitan gizi dan infeksi, peranan gizi dalam pembangunan sumber daya manusia serta sosio budaya gizi.

Kompetensi : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengetahui permasalahan gizi utama di masyarakat dan upaya penanggulangannya.

Metode : Ceramah dan diskusi,

serta praktikum : Mempelajari Upaya Penanggulangan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) di Balai GAKY di Magelang.

Praktikum Mei 2011 kemarin si Cipa imut ikutan nih.. 🙂

 

 

 

Karena sudah dekat dengan Borobudur, dapat bonus jalan-jalan di Borobudur, lho… 🙂

 

 

3. Penilaian Status Gizi ( KMG 354)

2 SKS, dipelajari pada semester V.

Prasyarat: Sudah lulus Ilmu Gizi Dasar dan Gizi Masyarakat

Deskripsi : Membahas tentang konsep dasar timbulnya masalah gizi dan penilaian status gizi secara langsung (antropometri,klinis, biokimia dan biofisik), dan secara tidak langsung (survey konsumsi makanan, statistik vital dan faktor ekologi), definisi, metode, macam-macam prosedur dan prosesnya, kelebihan dan kelemahannya serta interprestasinya untuk masing-masing metode penelitian status gizi.

Kompetensi : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan cara penilaian status gizi di masyarakat secara langsung dan tidak langsung.

Metode: Ceramah dan Diskusi ,

serta Praktikum : Penilaian status gizi secara langsung dan tidak langsung di Laboratorium Gizi dan di Posyandu.

4. Gizi Diit (KMG 365)

2 SKS, dipelajari pada semester VI

Prasyarat: Sudah lulus Ilmu Gizi Dasar, Gizi Masyarakat dan Penilaian Status Gizi

Deskripsi : Membahas tentang pengenalan standar makanan rumah sakit, cara perhitungan kebutuhan gizi individu, hubungan makanan dengan proses penyembuhan suatu penyakit, penatalaksanaan diit untuk berbagai macam penyakit meliputi tujuan, syarat-syarat, indikasi pemberian dan makanan yang diijinkan untuk diberikan.

Kompetensi : Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan perencanaan diit untuk berbagai penyakit.

Metode : Ceramah, diskusi serta Tugas (membuat Leaflet Pengelolaan Diit pada Aneka Penyakit)

5. Perencanaan Pangan dan Gizi (KMG 475)

2 SKS, dipelajari pada semester VII

Prasyarat: Sudah lulus Ilmu Gizi Dasar, Gizi Masyarakat dan Penilaian Status Gizi

Deskripsi : Membahas mengenai prinsip-prinsip dasar program pangan dan gizi kaitannya dengan kebijakan pembangunan nasional dan daerah. Cara-cara mengidentifikasi masalah dan faktor-faktor penyebab, sumber daya yang ada mencakup formulasi dan seleksi rencana program, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi.

Kompetensi: Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menganalisis masalah gizi dan merencanakan program gizi.

Metode : Ceramah, Diskusi , Tugas dan Presentasi ( Membuat Perencanaan Program Gizi)

Demikian tadi mata kuliah Gizi yang ada di Jurusan Kesehatan Masyarakat FKIK. Semoga penjelasan saya menambah motivasi untuk memulai perkuliahan ajaran baru.

AYO…SEMANGAT..!!

 

 

Tags: , , ,