Manfaat Jus Buah

Saya suka minum jus, karena selain menyegarkan juga sehat. Minum jus merupakan salah satu alternatif untuk menikmati buah segar. Kelebihan mengkonsumsi  buah dalam bentuk jus daripada buah segar karena dengan minum jus organ pencernaan kita tidak perlu bekerja keras memotong buah yang kita makan, sehingga pencernaan dapat diistirahatkan dan racun-racun dapat dikeluarkan. Satu hari penuh hanya mengkonsumsi jus dapat merupakan program detoksifikasi tubuh.

Tips minum jus yang sehat adalah tanpa gula dan tambahan susu, sehingga kita dapat menikmati citarasa buah aslinya. Kalaupun ingin menambah rasa, sedikit saja, sehingga kita tidak menambah kalori terlalu banyak. Berikut ini manfaat minum jus aneka buah:

 

  1. Jus Jeruk

Jeruk kalau mau dibuat jus, jangan lupa dibuang dulu biji-bijinya. Jangan langsung setelah dikupas dimasukkan ke Juicer, nanti pahit. Jus jeruk baik sekali untuk kesehatan.

Manfaat : untuk sistem kekebalan, proteksi terhadap anemia. Sumber yang paling baik dari vitamin C dan juga sumber asam folat, sehingga wanita hamil sebaiknya meminumnya dalam jumlah yang cukup banyak.

Minum jus jeruk dengan makanan meningkatkan absorbsi  zat besi sehingga dapat mencegah kemungkinan anemia gizi besi.. Penelitian baru menyarankan minum segelas jus jeruk/hari, ternyata juga membantu mencegah terjadinya radang sendi (arthritis).

  1. Jus Tomat

Tomat mengandung bioflavonoid yang membantu memperkuat pembuluh darah kapiler, jadi tidak menimbulkan kebocoran pada pembuluh darah dan pembentukan kantong yang mengandung air pada kulit yang menyebabkan selulit. Selain itu kandungan likopen pada tomat berkaitan dengan penurunan resiko terjadinya kanker prostat.

  1. Jus Apel

Apel yang baik untuk dibuat jus adalah apel hijau. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung.

Manfaat : – Mengurangi nafsu makan
– Mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah
– Pembersihan racun dalam usus

 

  1. Jus Pear

Mengkonsumsi buah Pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.
5. Jus Nanas

Nanas mengandung enzim bromealin yang baik untuk melarutkan lendir-lendir yang kental dalam kalenjar pencernaan.

  1. Jus Semangka

Terlalu banyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan, kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak kandungan asamnya dan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari.

  1. Jus Jambu Biji

Jambu biji mengandung kadar Vitamin C lebih banyak daripada jeruk. Jangan lupa kalau menyajikan jambu biji disaring dulu bijinya ya…

Fungsi utamanya:
– Menurunkan kadar kolesterol
– Mencegah dan mengobati sariawan
– Mencegah keropos tulang

 

Kombinasi aneka buah dijadikan jus akan menghasilkan manfaat yang lebih besar. Berikut adalah resep kombinasi jus buah yang kaya vitamin C dan serat yang dapat juga bermanfaat sebagai penurun kolesterol dan berat badan.

 

Bahan:

  • 1/2 buah wortel
  • 1/2 buah apel
  • 1 buah jambu biji merah
  • 1 potong (potongan memanjang) pepaya matang
  • 1/2 lemon (ambil airnya)

Membuat :

  1. Bersihkan semua bahan
  2. Blender sampai benar-benar halus
  3. Hidangkan bersama es batu bila suka

 

 

Tags: , , , , ,